Setiap perusahaan dapat melakukan publikasi atau Publicity untuk mengenalkan atau me-launching sebuah produk atau pelayanan terbaru dari perusahaan tersebut dengan jngkauan nasional atau internasional.Dengan adanya publicity atau publisitas,maka akan terjadi proses dalam perkenalan produk yaitu menjadi suatu format editorial atau berita dalam surat kabar yang akan lebih menguntungkan.Produk yang dipublikasikan seperti Handphone,notebook atau computer akan mencapai ribuan target audience selama mingguan,bahkan bulanan,karena media cetak menjangkau banyak target audience .Publikasi akan mendatangkan opini atau komentar dari masyarakat terhadap produk yang kita kenalkan.Seperti misalnya publisitas yang sederhana yaitu dari mulut ke mulut,brand Prosuk Tje Fuk telah berhasil merenggut banyak target terutama ibu-ibu,karena berdasarkan pengalaman temannya yang telah memakai produk baru tersebut.Publisitas akan mendatangkan lebih banyak keuntungan bagi perusahaan dengan meningkatkan penjualan.Kadang Publisitas lebih efektif dibanding iklan yang menurut masyararakat dibuat berlebihan.Publikasi untuk mengenalkan service baru seperti pelayanan baru dari Garuda Indonesia merupakan salah satu bentuk sales management untuk mencapai tujuan perusahaan.Pempublikasian Produk akan lebih banyak memberi detail tentang produk daripada latar belakang perusahaan yang memproduksi.Perusahaan juga dapat menyewa seorang publicist yang akan menangani Product Publicity,sehingga dapat menghemat waktu.Publicist dapat didapat dari beberapa media cetak yang handal yang sesuai dengan konsep target audience yang kita ingin capai dan mengontaknya melalui nomor yang tersedia di beberapa media.Seorang publicist yang sesuai akan membuat tujuan perusahaan tercapai,mereka harus tahu mengefisiensikan waktu dan uang dan mengakses informasi yang berhubungan untuk mendapatkan publikasi yang sesuai dan reputasi perusahaan sebagai pencipta produk akan meningkat.Publicist tersebut harus memiliki konsep yang sesuai dan mempunyai misi untuk mengenalkan produk kita kepada masyarakat dan meningkatkan penjualan atas produk tersebut,ia harus mengetahui kelebihan produk tersebut yang harus ditonjolkan dengan cara yang tidak berlebihan.Dengan adanya publikasi,pembeli akan datang pada kita karena publikasi di media cetak local bahkan internasional.Sebagai perusahaan,kita bertanggung jawab memberikan data yang sesuai,foto produk,dan target audience yang kita definisikan pada seoarng publicist,dan publicist tersebut akan memasukkan cerita tersebut dengan gaya mereka pada beberapa media yang sesuai.Publicist akan mengedukasi masyarakat juga lewat new release mengenai produk apa yang baru,yang baik dan yang terbaik.Perusahaan juga harus mengetahui produk competitor yang sama dengan kita,tetapi juga harus menciptakan keunikan produk yang berbeda dari produk competitor.Acara launching produk,seperti yang dilakukan Brand notebook Apple,melalui Macworld Expo di Moscone Centre, San Fransisco, untuk memperkenalkan berbagai produk baru yang ditujukan untuk khalayak umum.Strategi publikasi yang dilakukan Apple berbeda,Apple memilih diam dan tidak menggembar-gemborkan produk baru samapi produk tersebut dirilis.Sehingga,masyarakat akan penasaran dan muncul ketertarikan dan akan menarik masyarakat pada saat launching.
Dengan semakin meningkatnya popularitas Apple Inc, tidaklah mengherankan apabila semakin menjamur publikasi yang membahasnya.Beberapa Blog internet dan majalah serta Tabloid Handphone dan teknologi makin banyak yang membahas setiap produk computer yang baru dilaunching Apple.www.tuaw.com bahkan membahas Apple terus menerus dan banyak blogger yang mendedikasikan dirinya untuk menulis seputar Apple.Product Publicity akan menghemat uang disbanding ADVERTISING. Publisitas efektif bagi alat promosi yang lain seperti periklanan, personal selling, dan promosi penjualan. Biasanya, media bersedia mempublisitas suatu cerita apabila materinya dirasakan cukup menarik atau patut dijadikan berita.Jika dibandingkan dengan alat promosi lain seperti periklanan, pubiisitas mempunyai beberapa keuntungan antara lain:Publisitas dapat menjangkau orang-orang yang tidak mau membaca,sebuah iklan.Publisitas dapat ditempatkan pada halaman depan dari sebuah surat kabar atau pada posisi lain yang mencolok. Lebih dapat dipercaya, apabila sebuah surat kabar atau majalah mempublisitas sebuah cerita sebagai berita, pembaca menggangap bahwa cerita tersebut merupakan berita sehingga masyarakat lebih percaya.,jauh lebih murah karena dilakukan secara bebas biaya.Pada kenyataanya ketika perusahaan menyewa publicist maka akan membutuhkan biaya.Produk baru seperti UMPC(Ultra Mobile Pc)dengan fitur-fiturnya yang canggih sebagai ponsel cerdas yang menyerupai mini computer dan merupakan produk baru keluaran Fujitsu yang diberitakan di media cetak seperti Kompas oleh wartawan,hal tersebut juga merupakan publikasi.Publikasi tidak dapat menggantikan advertising,publikasi berfungsi mendukung advertising produk baru.Paris Hilton pun mempublikasikan produk barunya seperti parfum terbarunya “Sheer” melalui launching di Jepang untuk meningkatkan penjualan parfum tersebut.Pengarang buku Harry Potter pun mendapatkan publikasi ketika buku-buku nya yang difilmkan,sehingga masyarakat tetap menunggu seri Harry Potter dalam bentuk buku terbaru,karena media menulis cuplikan buku terbarunya dan menulis resensi film Harry Potter.Beberapa biography tokoh seperti Mother Theresa,Gandhi dan Ratu Elisabeth pun laku di pasaran karena wartawan membuat resensi buku tersebut sehingga meningkatkan reputasi penulis dan penerbit buku-buku tersebut dan penjualan pun bertambah.Wartawan dan publicist membuat cerita dengan sudut pandang editorial,sehingga cerita kecil menjadi berita yang nyata,bukan sekadar iklan.Inilah kekuatan Publikasi dalam memperkenalkan produk dan servis terbaru dari beberapa perusahaan.Publikasi begitu kuat peranannya dalam mengkomunikasikan keunggulan produk dan service pada masyarakat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar