Minggu, 05 April 2009

MEDIA RELATIONS-MIZONE

I. Sejarah Perusahaan Mizone

1973
PT AQUA Golden Mississippi didirikan sebagai pioner perusahaan air minum mineral pertama di Indonesia.
Pabrik pertama didirikan di Bekasi. Setelah beroperasi selama 30 tahun, kini Aqua memiliki 14 pabrik di seluruh Indonesia
1974Produksi pertama AQUA diluncurkan dalam bentuk kemasan botol kaca ukuran 950ml dari pabrik di Bekasi. Harga per botol adalah Rp. 75,-
1984Pabrik AQUA kedua didirikan di Pandaan di Jawa Timur, sebagai upaya agar lebih mendekatkan diri pada konsumen yang berada di wilayah tersebut.1985Pengembangan produk AQUA dalam bentuk kemasan PET 220 ml. Pengembangan ini membuat produk AQUA menjadi lebih berkualitas dan lebih aman untuk dikonsumsi. 1993Menyelenggarakan program AQUA Peduli (AQUA Cares), sebagai langkah pendauran ulang botol plastik AQUA menjadi materi plastik yang bisa dapat digunakan kembali.
1995AQUA menjadi pabrik air mineral pertama yang menerapkan sistem produksi in line di pabrik Mekarsari. Pemrosesan air dan pembuatan kemasan AQUA dilakukan bersamaan. Hasil sistem in line ini adalah botol AQUA yang baru dibuat dapat segera diisi air bersih di ujung proses produksi., sehingga proses produksi menjadi lebih higienis.1998Penyatuan AQUA dan grup DANONE pada tanggal 4 September 1998. Langkah ini berdampak pada peningkatan kualitas produk dan menempatkan AQUA sebagai produsen air mineral dalam kemasan (AMDK) yang terbesar di Indonesia.
2000Bertepatan dengan pergantian milenium, AQUA meluncurkan produk berlabel Danone-AQUA.
2001DANONE meningkatkan kepemilikan saham di PT Tirta Investama dari 40 % menjadi 74 %, sehingga DANONE kemudian menjadi pemegang saham mayoritas AQUA Group.
AQUA menghadirkan kemasan botol kaca baru 380 ml pada 1 November 2001.2002Banjir besar yang melanda Jakarta pada awal tahun menggerakkan perusahaan untuk membantu masyarakat dan juga para karyawan AQUA sendiri yang terkena musibah tersebut. AQUA menang telak di ajang Indonesian Best Brand Award. Mulai diberlakukannya Kesepakatan Kerja Bersama [KKB 2002 - 2004] pada 1 Juni2003Perluasan kegiatan produksi AQUA Group ditindaklanjuti melalui peresmian pabrik baru di Klaten pada awal tahun. Upaya mengintegrasikan proses kerja perusahaan melalui penerapan SAP [System Application and Products for Data Processing] dan HRIS (Human Resources Information System)
2004Peluncuran logo baru AQUA. AQUA menghadirkan kemurnian alam baik isi maupun penampilan luarnya. AQUA meluncurkan varian baru AQUA Splash of Fruit, jenis air dalam kemasan yang diberi esens rasa buah strawberry dan orange-mango. Peluncuran produk ini memperkuat posisi AQUA sebagai produsen minuman.
2005
DANONE membantu korban tsunami di ACEH. Pada tanggal 27 September AQUA memproduksi MIZONE, minuman bernutrisi yang merupakan produk dari DANONE. MIZONE hadir dengan dua rasa, orange lime dan passion fruit. Dengan memiliki pengalaman lebih dari 35 tahun di bidang industri air minuman dalam kemasan, di abad 21 ini Danone Aqua melakukan suatu inovasi dengan meluncurkan produk Mizone tepatnya pada 27 September 2005. Mizone sendiri merupakan produk yang sudah dikenal di New Zealand, Australia, dan China.


74% saham PT Aqua Golden Mississipi dikuasai Danone Asia Pte Ltd, anak perusahaan Danone Group, Perancis. Tahun 1998, Pemilik Danone, yaitu Franck Riboud mendapat penghargaan JUBILEE AWARD, yaitu penghargaan tertinggi Israel dalam menandai hari ulang tahun berdirinya negara Israel Raya. Penghargaan ini diberikan kepada pelaku bisnis yang memberi sumbangan besar bagi eksistensi Israel.

Tentang Produk Mizone
Tinggal di daerah yang beriklim tropis dengan aktivitas sehari-hari yang padat, sangat berpotensi dalam menyebabkan tubuh kehilangan cairan. Padahal, kehilangan cairan sebesar 2% saja dapat menurunkan konsentrasi dan stamina tubuh kita. Menjawab kebutuhan tersebut, MIZONE hadir di Indonesia sebagai sebuah inovasi baru dalam kategori minuman ISOTONIK. Dengan kandungan HYDROMAXX nya Mizone dapat menggantikan cairan tubuh yang hilang dengan mudah. Diluncurkan pertama kali di Surabaya pada tanggal 27 September 2005, Mizone hadir dalam dua rasa yaitu ORANGE LIME dan PASSION FRUIT. Mizone sendiri merupakan produk yang sudah dikenal di New Zealand, Australia, dan China.
Sekarang Mizone yang merupakan Minuman Isotonik Bernutrisi telah memiliki:
· Rasa ORANGE LIME yang menyegarkan, PASSION FRUIT yang memanjakan selera, dan LYCHEE LEMON yang sensasional.
· Kemasan BOTOL yang UNIK, 500 ml, ukuran yang tepat untuk diminum di jalan.
· Harga yang pas Rp. 2.500,00
· HYDROMAXX, yaitu:
· Vitamin B1, B3, B6 and B12 untuk membantu metabolisme karbohidrat menjadi energi.
· Vitamin E sebagai anti-oksidan, untuk membantu menjaga sel dalam tubuh.
· Elektrolit untuk mengantikan mineral yang hilang melalui keringat.
· Kualitas terjamin karena diproduksi oleh DANONE AQUA yang berpengalaman dalam memproduksi minuman dalam kemasan.

II. Latar Belakang

Pada waktu sebelumnya, Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) mengadakan pertemuan dengan Komite Masyarakat Anti Bahan Pengawet (Kombet) untuk membahas mengenai minuman yang diduga mengandung bahan minuman yang memiliki komposisi yang tidak sesuai dengan bahan yang telah didaftarkan ke BPOM itu sendiri dan dianggap berbahaya bagi kesehatan masyarakat jika dikonsumsi secara terus menerus. Menurut pihak Kombet beberapa jenis minuman telah melanggar ketentuan pelabelan serta pencantuman kandungan bahan pengawet Natrium Benzoat dan Kalium Sorbat. Oleh karena itu untuk menindaklanjuti hal ini, pihak BPOM mengadakan uji tes akan bahan kandungan dalam produk minuman. Uji tes telah dilakukan pada sembilan jenis minuman dari bebrapa kategori seperti minuman isotonik (pengganti cairan tubuh), jus, teh/kopi, dan tasted beverage berpengawet. Produk minuman yang dimaksud adalah Mizone, Zporto, Mogu-mogu, Jungle Jus, Zestea, Boyzone, Zegar Isotonik, Kopi Kap, dan Jolly Cool. Dari sembilan produk di atas, hanya lima produk yang akan dilakukan penarikan dari pasar, penggantian label, atau pemusnahan. Kelima produk itu adalah Mizone, Zporto, Mogu-mogu, Jungle Jus dan Zestea. Sedangkan keempat lainnya tidak ditindaklanjuti karena tidak terdaftar dalam database BPOM.
Berikut ini akan lebih dibahas secara rinci mengenai minuman Mizone. Seperti yang kita ketahui minuman Mizone mengalami suatu kasus yang menyebabkan produk tersebut ditarik dari pasaran karena diduga mengandung bahan pengawet yang berbahaya beberapa pihak. Kasus yang terjadi adalah karena perusahaan hanya mencantumkan satu dari dua bahan pengawet yang digunakan dalam produknya. Menurut pernyataan dari pihak BPOM yang menyebabkan produk minuman tersebut melanggar ketentuan perlabelan. Sebab, komposisi bahan kandungan yang tertera di label produk tidak sesuai dengan yang disebutkan saat mengajukan izin peredaran. Dalam label hanya dicantumkan bahan pengawet Kalium Sorbat. Padahal Mizone juga menggunakan bahan pengawet Natrium Benzoat yang menurut beberapa pihak bahan tersebut dapat menyebabkan penyakit lupus. Sedangkan sebanyak 64,8 persen masyarakat itu sendiri tidak tahu jenis bahan pengawet seperti natrium benzoat.
Dalam menindaklanjuti kasus ini, pihak BPOM meminta produk Mizone ditarik dari pasaran dan labelnya pun harus diganti untuk merubah image buruk yang sudah terbentuk dalam benak masyarakat luas.Pada kenyataanya produk minuman Isotonik yang kami produksi yaitu Mizone,tidak menyebabkan penyakit Lupus seperti yang selama ini gencar diberitakan media.Hal tersebut juga kami buktikan dengan adanya surat Edaran dari Kepala BPOM yang akan kami sampaikan saat Press Conference.
Kami akan segera menarik produk kami sesuai dengan tenggang waktu yang disesuaikan BPOM. Kita akan ganti labelnya dan akan mencantumkan dua bahan pengawet di produk itu.

III. Tujuan
Untuk menjernihkan kesalahpahaman yang terjadi dalam masyarakat yaitu mizone sebagai penyebab penyakit lupus, kami dari pihak Mizone ingin memperbaiki image PT. Tirta Investama yang turun akibat masalah ini. Selain itu juga kami ingin mengembalikan kepercayaan masyarakat terhadap produk kami dan meningkatkan angka penjualan kami yang sempat menurun akibat masalah ini.

IV. Strategi Media Relation
Press Release
Ditujukan kepada masyarakat yang akan dimuat pada media-media. Kami juga akan memberikan press release ini kepada wartawan-wartawan yang akan diundang. Dalam press release ini kami akan memuat pernyataan dalam Permenkes No. 722/Menkes/IX/88 adalah natrium benzoat 600 mg/liter, dan kalium sorbat 1.000 mg/liter. Sementara kandungan kedua jenis bahan pengawet tersebut pada produk Mizone jauh di bawahnya, yaitu masing-masing 100 mg/liter.

Press Conference
Kami mengadakan press conference ini dengan tujuan agar dapat mengklarifikasikan masalah mengenai Mizone yang telah beredar di dalam masyarakat. Kami ingin membuktikan bahwa rumor yang beredar itu tidak benar. Rumor itu hanya isu belaka yang ingin menjatuhkan perusahaan kami.
Press Gathering
Kami membangun relasi dengan beberapa media massa dengan melakukan kegiatan rekreasi bersama beserta keluarga mereka di beberapa tempat rekreasi. Ini ditujuan agar perusahaan kami dapat menjalin relasi yang baik dengan pihak pers sehingga jika di kemudian hari nanti ada isu yang kurang baik tentang perusahaan kami, mereka akan membantu kami untuk mengatasi isu itu dengan mencari tahu yang sebenarnya.
Press Visit
Kami mengundang wartawan dari beberapa media untuk datang mengunjungi pabrik kami untuk melihat secara langsung proses pembuatan minuman Mizone. Selain itu juga disini kami memberikan minumanMizone kepada tiap wartawan.

V. Materi untuk Press Conference

Kami akan mengirimkan undangan kami untuk pers pada tanggal 2 Maret 2009 melalui fax dan kirim langsung, dan kami akan mengkonfirmasi kembali pada tanggal 9 Maret 2009. Acara Press Conference ini sendiri diadakan pada tanggal 14 Maret 2009.
Tempat : Le Meridien Hotel
Hari dan Tanggal : 14 Maret 2009
Waktu : - Regristasi : 10.00 – 11.00
- Acara : 11.00 - selesai

Tema: Minuman Isotonik Aman untuk Dikonsumsi
Moderator : Tantowi Yahya
Speakers: - Ahli Kesehatan : Prof. Dr. Ir. Ali Khomsan
- Ketua Umum Asosiasi Minuman Ringan : Willy Sidharta
- Marketing Director PT Tirta Investama : Yohanes Pauly
- BPOM : Dr. Husniah R. Thamrin Akib, MS, Mkes, Sp.FK
List Pers:
Media Cetak :
- Kompas - Hai
- Media Indonesia - Bola
- Jakarta Pos - Cosmogirl
- Koran Tempo - Cleo
- Sindo - Chic
- Surat Pembaharuan - Spice
- Republika - Nirmala
Media Elekronik : Stasiun Televisi
- RCTI - SCTV
- Metro TV - Indosiar
- Trans TV - O Channel
- TV 7 - Jak TV
- TVRI - Global TV
Media Elektronik : Stasiun Radio
- Gen FM - UFM
- Prambors - Woman Radio
- Hardrock FM - RRI
- Global Radio - Track FM

Rundown
1. 10.00 – 11.00
Regristrasi
Mengecek kembali nama tamu sesuai dengan guest list serta memberikan Press Kit.
Panitia
2. 11.00 – 11.10
Pembukaan
Mengenalkan pembicara yang hadir
MC
3. 11.10 – 11.30
Kata sambutan
Akan dibahas mengenai perusahaan dan produk Mizone
Marketing Director
4. 11.30 – 12.30
Pembahasan masalah
Membicarakan inti pokok masalah yang sedang dihadapi oleh pihak Mizone dan mengklarifikasikannya
PR
5. 12.30 – 13.00
Acara khusus
Akan dibacakan surat edaran yang dikeluarkan oleh BPOM untuk dijelaskan tentang penggunaan bahan dalam produk Mizone
Ketua BPOM
6. 13.00 – 13.30
Tanya Jawab
MC
7. 13.30 – 13.40
Penutupan
Ucapan terima kasih
MC
8. 13.40 – selesai
Ramah tamah
Panitia

VI. Press Release

BERITA DARI PT TIRTA INVESTAMA
PRESS RELEASE
MIZONE AMAN DIKONSUMSI


PT.Tirta Investama telah meproduksi minuman Isotonik,Mizone yang memiliki aneka rasa sejak tahun 2006.Mizone merupakan minuman penambah konsentrasi yang tidak menyebabkan munculnya penyakit berbahaya seperti Lupus.Di tahun 2008 Mizone mengganti labelnya dengan label baru.

Yohanes Pauly,Marketing Director PT Tirta Investama dalam Press Conference menyatakan “Bahan pengawet yang terkandung dalam Mizone telah diperiksa oleh BPOM dan tidak menyebabkan Penyakit Lupus seperti yang selama ini diisukan.Kami berharap dengan adanya pencantuman Label baru ini,masyarakat tidak perlu merisaukan berita yan tak ada buktinya.Mizone sejak dulu hingga kini tetap aman dikonsumsi.”

Mizone sebagai minuman Isotonik memiliki kualitas yang baik.Penjualan Mizone sejak tahun 2006 dapat mengalahkan para pesaingnya dengan inovasi sendiri.Mizone juga memiliki berbagai rasa buah baru.

PT.Tirta Investama adalah perusahaan yang telah berdiri selama 35 tahun dan memiliki lebih dari 14 anak perusahaan.Sejak bergabung dengan Danone,nama perusahaan yang memiliki tempat produksi di Jakarta ini telah menjadi lebih terkenal.Mizone merupakan salah produk andalannya. PT.Tirta Investama merencanakan akan memproduksi rasa baru Mizone atas permintaan masyarakat.

ENDS

Rina Rossandi, Press Officer
PT.Tirta Investama
081806557689

Untuk informasi lebih lanjut mengenai produk kami,silahkan hubungi:

Jecika Adam Tel:(021)5455565 Customer Service Manager Fax:(021)5455564
PT.Tirta Investama
Pulogadung Tanggal:14 Januari 2009
Jakarta Ref:Tirta 035/RR

VII. Rencana 6 bulan
a. Januari: Menarik produk Mizone dari pasaran
Produk Mizone yang lama ditarik dari pasaran untuk digantikan label yang baru sesuai dengan keputusan yang dikeluarkan oleh BPOM.

b. Februari: Mengganti label Mizone, memproduksi Mizone dengan label baru
Pada bulan ini kami akan memproduksi label baru untuk produk Mizone dengan mencantumkan bahan yang belum dicantumkan agar masyarakat dapat merasa tenang untuk mengkomsumsinya.

c. Maret: Press Visit ke PT.Tirta Investama, membuat Press Release, Press Conference
Setelah label Mizone diganti dengan label yang baru, maka kami akan mengundang wartawan yang telah ada di daftar kami untuk melakukan kunjungan ke pabrik pembuatan Mizone, agar melalui pers masyarakat mengetahui bahwa kandungan di dalam Mizone aman untuk dikonsumsi, tidak seperti perkiraan masyarakat sebelumnya bahwa Mizone mengandung bahan yang berbahaya. Selain itu juga pers dapat turut serta ambil bagian dalam proses produksi ini. Di bulan ini juga, kami akan melanjutkan acara kami dengan melakukan press conference yang bertujuan menjelaskan kembali secara rinci mengenai produk Mizone ini agar masyarakat dapat mengetahui secara jelas darimana asal Mizone ini serta kegunaannya. Kami juga akan melanjutkan sesi tanya jawab bagi pers jika dirasakan masih ada yang kurang jelas.

d. April: Membuat advertisement tentang Mizone berlabel baru, Mendistribusikan Mizone berlabel baru ke pasaran
Setelah acara press visit dan press conference, kami akan memulai membuat ads tentang label Mizone yang baru dibuat ini agar masyarakat di manapun bisa mengetahui kabar baik ini sehingga mereka dapat mengkonsumsi Mizone kembali. Adapun jalur above the line melalui televisi, radio dan print ad yang bertujuan membangun awareness Mizone di mata konsumen, dan kami juga akan memasang billboard di tempat-tempat yang strategis bisa di pinggir jalan, halte bus, maupun di badan bus-bus. Selain itu juga, di bulan ini kami akan mendistribusikan produk Mizone dengan label yang baru ke beberapa daerah seperti Jakarta, Medan, Surabaya, Bali, Jogjakarta, dsb. Mizone juga mendistribusikan penjualannya kekota-kota kecil seperti Magelang, Malang, Balikpapan, Maluku, Kupang, Batam, dsb. Hal ini dilakukan mizone agar dapat merebut pasar di Indonesia hingga ke daerah kecil sekalipun.

e. Mei: Mendistribusikan Mizone berlabel baru ke pasaran
Sampai bulan ini, Mizone tetap akan melakukan distribusi sampai ke pelosok daerah terkecil sekalipun agar tidak ada satu daerahpun yang terlewatkan.

f. Juni: Melakukan kunjungan ke berbagai sekolah dan kampus di ibukota dan juga mensponsori Liga Basket Tingkat SMA
Mizone turut mengedukasi pasar dengan pesan: Mizone merupakan minuman yang membantu konsentrasi dan membuatmu jadi be 100%. Salah satu konsep yang diusung mizone adalah harmonisasi atau keseimbangan hidup, seperti halnya produk ini yang mampu memyeimbangkan kebutuhan tubuh manusia. Salah satu kampanye promosi yang mengusung konsep untuk membagi-bagikan mizone secara gratis dikalangan para pelajar, mahasiswa ataupun para profesional yang banyak melakukan aktivitas yang dapat menguras tenaga selama seharian beraktivitas diluar rumah.
Promosi lain, melakukan presentasi di lingkungan medis, sekolah dan klub olah raga. Termasuk, mensponsori kegiatan olah raga dan kesenian serta menyelenggarakan media gathering.
Mizone at Dunia Fantasi
Dufan, liburan, dan keramaian adalah tiga kata yang tidak dapat dilupakan. Karena itulah Mizone hadir ditengah kerumunan pengunjung yang sedang menikmati kunjungan mereka di wahana permainan Dunia Fantasi.
Mizone Goes to School and Campus
Pernahkah kamu melihat lapangan basket atau lapangan olahraga lainnya dihiasi oleh atribut mizone? Mizone hadir di berbagai kampus dan sekolah di Jakarta. Kami juga akan mensponsori Liga Basket Tingkat SMA dengan produk Mizone.
Mizone Roadshow Sampling
Event ini diadakan untuk memperkenalkan Mizone dengan label baru kepada para pelanggan di Jakarta, Bandung, Semarang, dan Medan.

BENEFIT - BE 100% WITH MIZONE!

Taukah kamu bahwa dalam melakukan aktivitas sehari-hari tanpa disadari tubuh kita akankehilangan 2% cairan tubuh?

Hal tersebut dapat menyebabkan DEHIDRASI RINGANyang dapat membuat performa fisik & mental menurun

4 komentar:

  1. artikel yang sangat membantu, karena saya memilih Mizone untuk bahan presentasi produk rabu depan tanggal 3 Juni 2009. Terima kasih

    BalasHapus
  2. jadi sebenernya mizone itu minuman isotonik ya??saya masih bingung karena brand positioning mizone sedikit gamblang didalam website sudah tidak menjelaskan mizone saat ini sebagai jenis minuman apa..

    BalasHapus
  3. saya ingin bertanya. Alamat kantor cabang PT Tirta Investama di Pekanbaru dimana yah? saya mohon bantuannya untuk menyelesaikan tugas kuliah saya.

    BalasHapus
  4. Boleh tanya kaah, sumber dari sejarah mizone dari mana ya..?

    BalasHapus